Tuesday, December 01, 2009

Wahana Komunikasi Massa

-ilsutrasi/net
Wahana komunikasi massa atau media massa bisa di kelompokkan ke dalam dua jenis yaitu: media massa elektronik dan media massa cetak.
1. Media massa elektronik, yaitu media massa yang menyajikan informasi dengan cara mengirimkan informasi melalui peralatan elektronik. Contohnya adalah Radio, televisi dan internet.
2. Media massa cetak, yaitu segala bentuk media massa yang menyajikan informasi dengan cara mencetak informasi tersebut diatas kertas. Contohnya adalah Koran, tabloit dan majalah.
Berikut adalah gambaran mengenai beberapa wahana komunikasi massa di indonesia. Secara berturut-turut akan dibahas gambaran umum tentang Radio, Televisi dan Media cetak.
a. Radio
Radio merupakan media massa yang memiliki peran penting di indonesia; sebab, radio mampu menjangkau masyarakat pedesaan di berbagai pelosok di negeri ini. Baik pemerintah kolonial maupun pemerintah pasca-kemerdekaan menempatkan radio sebagai media utama dalam melakukan komunikasi massa.
Radio adalah satu satunya media yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan isi kandungan programnya secara langsung di hadapan pendengar. Begitu suara di pancarkan, telinga pendengar langsung menangkap dan mencermatinya.
b. Televisi
Selain radio, Televisi (TV) juga memainkan peran penting sebagai sarana informasi masyarakat. Akan tetapi TV mempunyai bebverapa kelemahan di antranya mata pemirsa harus terpaku di layar, dan ketika muncul Gambar dalam urutan yang cepat, otak pemirsa harus menunggu citraan ia yang muncul pada layar..
c. Media cetak
Ada beberapa macam media cetak diantarannya yaitu surat kabar, majalah, tabloit dan lain-lain. Surat kabar merupakan media massa cetak yang paling banyak di baca warga masyarakat di bandingkan media cetak lainnya. Media cetak ini juga mempunyai kelemahan juga di antaranya, yaitu pembaca terlebih dahulu mencerna gambar pada media cetak, kemudian pembaca harus mencerna huruf-huruf yang tertera di halaman media tersebut, sehingga ada tahapan sebelum pengertian di proses oleh otak pembaca


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Wahana Komunikasi Massa"

Post a Comment