Friday, June 17, 2016

Jatah 100 Ton Beras Gratis untuk Pemda

Jatah 100 Ton Beras Gratis untuk Pemda
Catatan Redaksi 


Setiap Pemerintah Daerah (Pemda) mendapat jatah 100 ton beras gratis dari Badan Urusan Logistik (Bulog). Jatah tersebut diberikan setiap tahun yang bisa digunakan untuk keperluan pemerintah secara cuma-cuma.

Kabulog Sub Divre Palopo, Abdul Hamid Madjid, membeberkan jatah 100 ton beras tersebut. Menurutnya, jatah tersebut bisa digunakan semau pemda setempat. Tapi biasanya digunakan untuk keperluan bantuan kepada warga yang membutuhkan, tertimpa bencana, dan keperluan lain.

Kalau ada kebutuhan beras pemda, bisa mengajukan untuk meminta jatahnya yang sampai 100 ton gratis.

Namun, belakangan ini, jatah beras tersebut jarang yang terbuka ke publik penggunaannya. Entah dikemanakan jatah beras tersebut. Padahal, jatah ini bisa digunakan untuk warga yang benar-benar kesulitan dan tak tak tercukupi beras miskin (raskin).

Jatah beras ini patut dipertanyakan penyalurannya. Sebab tidak setiap tahun ada bencana yang memerlukan beras sebanyak itu. Apalagi, jika beras 100 ton tersebut diuangkan, nilainya terbilang cukup besar. Jika harga beras Rp10.000 per kg dikali 100.000 kg, maka bisa mencapai Rp1 miliar.

Jatah ini jarang terpantau masyarakat. Sehingga rawan diselewengkan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Semoga selama ini jatah tersebut dimanfaatkan dengan baik, sesuai peruntukannya.

Untuk stok beras saat ini mencapai 8.888 ton cadangan Bulog. Diprediksi Bulog, stok ini bisa bertahan hingga enam bulan kedepan. Apalagi masih ada potensi yang bisa terserap sampai 5000 ton bulan ini. (***)


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Jatah 100 Ton Beras Gratis untuk Pemda"

Post a Comment