Saturday, May 11, 2013

Komunitas Linux LagaligOS (Lagaligo Open Source); Perkenalkan Linux Pada Masyarakat

Para anggota komunitas Linux LagaligOS Palopo saat melakukan kegiatan sosialisasi Linux.

* Komunitas Linux LagaligOS (Lagaligo Open Source)
Perkenalkan Linux Pada Masyarakat

Sistem operasi komputer yang dikenal masyarakat saat ini kebanyakan hanya Windows. Masyarakat tak banyak yang kenal dengan Linux. Sebab itulah, komunitas yang menamakan dirinya Komunitas Linux Lagaligo Open Source (LagaligOS) Kota Palopo hadir untuk memperkenalkan Open Source (OS) Linux kepada masyarakat.

LAPORAN: Abd Rauf

OS Linux adalah sistem operasi komputer seperti layaknya Windows. Namun keunggulan dari Linux ini karena dia software-nya gratis alias free dan juga bebas dari virus serta pengoperasiannya lebih ringan dari Windows. Itu berbeda dengan Windows yang harus mengoceh kantong sampai jutaan rupiah untuk mendapatkan software asli Windows.

Ketua Komunitas Linux LagaligOS Kota Palopo, Ramlan SKom MSi, mengungkapkan, kehadiran komunitas ini untuk memperkenalkan dan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kepada para pelajar dan pemuda yang senang dengan dunia komputer

"Salah satu visi kita adalah menjadikan panduan belajar bersama dan saling bertukar pendapat membantu segala kesulitan yang ada di program di Linux secara bersama-sama. Kita ingin menjadikan OS Linux ini dapat dikenal di setiap kalangan masyarakat Palopo, terutama pelajar dan pemuda," terangnya, saat ditemui di basecamp LagaligOS, di Jalan Yusuf Arief nomor 21 Kota Palopo, Jumat 10 Mei 2013.

Ramlan juga menjelaskan, Komunitas Linux LagaligOS Palopo ini dibentuk pada tahun 2010 sialm. Menurutnya, pengenalan Linux ini akan lebih cepat menyebar jika dasarnya dilakukan di komunitas. Hal ini berbeda jika dilakukan di organisasi atau kelompok. "Di dalam komuniras itu, ada rasa kekeluargaan. Sehingga akan lebih cepat menyentuh. Juga karena kebanyakan anak muda suka ngumpul, pengenalan seperti ini bisa jauh lebih optimal," sebutnya.

Hal lain yang mendasari pembentukan LagaligOS ini juga karena belum adanya perkumpulan seperti ini yang mewadahi secara khusus pengguna dan orang-orang yang ingin belajar Linux di Palopo. Pada awalnya LagaligOS hanya ajakan untuk menggunakan Linux lewat jejaring sosial di Facebook.

"Nama LagaligOS sendiri sengaja tidak dibuat berkesan mewah/high class. Mudah dilafalkan juga singkatannya gak maksa. Alami saja dan terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar dan berbagi tentang Linux. LagaligOS ini kami pilih karena terinspirasi dari karya cerita terpanjang di dunia dari Tana Luwu ini, yang saat ini aslinya tersimpan di Belanda," ujarnya. (*)

Gencar Lakukan Sosialisasi

Salah satu upaya Komunitas Linux LagaligOS Palopo untuk terus berjuang untuk mengenalkan kepada masyarakat adalah gencar melakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah untuk menciptakan kecintaan pelajar kepada Linux.

Ketua LagaligOS Palopo, Ramlan mengungkapkan, sampai saat ini, sudah ada beberapa kegiatan yang telah dilakukannya untuk memperkenalkan Linux ini kepada masyarakat Palopo. Seperti sosialisasi Free Open Source Software (FOSS), workshop atau seminar Linux, edukasi pengenalan Linux atau open source di sekolah dan kampus-kampus, serta pihaknya mendukung penuh migrasi FOSS di Lingkup Pemerintah Kota Palopo.

"Salah satu yang menjadi tujuan kami nanti, Pemkot Palopo ini bisa berpindah dari sistem operasi Windows ke Linux nanti. Sebab Linux ini jauh lebih baik dan murah serta bebas dari virus," tandasnya.

Dikatakannya juga, Linux adalah sarana untuk belajar dan menimbulkan rasa keingintahuan yang besar. Namun sampai saat ini, LagaligOS baru tahap mengenalkan pada orang-orang, terutama pelajar.

"Target kami paling tidak, setelah kenal Linux, jika nanti dihadapkan dengan teknologi itu tidak kaget dan tau tempat bertanya. Apalagi pemerintah dan instansi-instansi sudah banyak yang menggunakan Linux sebagai penyokong kerjanya," katanya. (*)
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Komunitas Linux LagaligOS (Lagaligo Open Source); Perkenalkan Linux Pada Masyarakat"

Post a Comment