Tuesday, March 31, 2015

Proposal Business Plan Jasa Reseller Domain and Hosting (Web Hosting, Web Design, and Domain)


PROPOSAL BUSINESS PLAN
JASA RESELLER DOMAIN DAN HOSTING
(WEB HOSTING, WEB DESIGN AND DOMAIN)

A. Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi pada saat ini khususnya teknologi internet telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, tidak menutup kemungkinan banyak potensi dan peluang yang dapat dimanfaatkan. Sekarang ini, pemanfaatan teknologi informasi tidak sekedar sebagai fasilitas suatu perusahaan untuk menjalin hubungan dengan relasinya tetapi juga dapat memberikan kesan baik dan profesionalisme sebuah kinerja perusahaan.

Adanya website dan begitu banyaknya komunitas bloger mulai membuat banyak peluang untuk melakukan bisnis di dunia maya. Banyaknya instansi-instansi pemerintah, instansi swasta, organisasi dan individu dalam arti para bloger membuat peluang bisnis di dunia maya begitu menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan masih sedikit dan jarangnya kemampuan para pengguna internet untuk memanfaatkan bisnis dalam dunia maya sehingga dipastikan membutuhkan orang-orang yang berpengalaman dalam memberikan jasa pelayanan dibidang pembuatan web beserta desainnya.

Pengguna teknologi informasi khususnya di bidang internet semakin meningkat setiap waktu. Banyaknya kaum bloger yang ingin menuliskan idealisme-idealismenya dan menunjukkan kepada khalayak umum tentang pemikiran, interesting, hingga membuat komunitas-komunitas untuk menyatukan visi dan misi membuat kebutuhan akan web sebagai media penghubung sangat penting. Hal ini kami lihat sebagai sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Setiap orang yang membutuhkan web yang akan mencari jasa layanan web hosting dan domain untuk memenuhi keinginan mereka. Jika kemampuan mereka dalam desain hingga mengatur blog belum mumpuni maka akan membutuhkan jasa desain web untuk mengatasi hal tersebut.

Bagi perusahaan swasta dan instansi keberadaan web akan banyak membantu dalam berbagai kebutuhan seperti memperlihatkan profil dan latar belakang perusahaan atau instansi, pemasaran produk, jumlah kapasitas teknologi yang dimiliki perusahaan atau instansi, jumlah informasi yang akan dipublikasikan kepada khalayak umum akan mempengaruhi perkembangan dari perusahaan atau instansi tersebut.

Peluang yang besar dalam bisnis ini akan membantu berbagai pihak dalam hal informasi dan pemasaran. Bagi para pemilik UKM yang ingin memasarkan produknya hingga luar negeri agar lebih banyak dikenal orang sehingga membutuhkan media web sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produknya.
Oleh karena kebutuhan akan layanan penjualan domain, hosting, dan web design semakin meningkat seiring kemajuan bidang teknologi informasi maka wirausaha ini layak mendapat perhatian untuk dapat dikembangkan.

B. Analisis Produk
Produk yang menjadi pilihan dalam bidang usaha jasa ini antara lain:

1. Pembuatan Web dan Design Web
Untuk instansi, perusahaan, organisasi, UKM hingga blogger yang ingin memiliki website dapat memesan sesuai dengan keinginan sehingga kami selaku web developer dapat memberikan layanan sesuai yang diinginkan. Selain sebagai web developer kami juga memberikan jasa pembuatan design web.

2. Sewa Domain dan Hosting.
Domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website di dunia maya. Contohnya http://www.tomalolo.net. Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya.

Jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :

.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah.
.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan.
.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia.
.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia.
.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain.
.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia.
.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

Web Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar, video, data email, statistik, database dan lain sebagainya yang akan ditampilkan dalam website tersebut.

Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website. Web Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Pengguna akan memperoleh kontrol panel yang terproteksi dengan username dan password untuk administrasi websitenya.

Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Lama penyewaan web hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri. Lokasi peletakan pusat data (datacenter) web hosting bermacam-macam. Ada yang di Jakarta, Singapore, Inggris, Amerika, dll dengan harga sewa bervariasi.

3. Transfer, Perpanjangan dan Parkir Domain
Untuk pelanggan yang telah memiliki domain dan hosting dapat melakukan transfer ke penyedia jasa hosting lain maupun dari penyedia jasa hosting lain untuk menjadi pelanggan jasa kami. Hal ini disebut sebagai transfer domain atau hosting.
Bagi para pelanggan yang masa aktif domain dan hostingnya telah habis dapat melakukan perpanjangan dengan sistematika yang ada pada web usaha kami. Perpanjangan domain dan hosting dapat dilakukan sesuai tingkat materi pelanggan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Layanan parkir domain dapat dilakukan pelanggan agar domain miliknya tidak di lelang bebas sehingga saat masa aktif domain habis dan belum memiliki biaya untuk memperpanjang dapat melakukan parkir domain. Keunggulan dari produk kami dibandingkan produk lain yang sudah beredar di pasaran adalah dengan memberikan kemudahan dalam pengaksesan teknologi ini karena server yang handal. Server ini yang akan melayani kebutuhan akan kapasitas serta kecepatan akses dalam mengeksplorasi web pelanggan. Selain itu terdapat demo c-panel yang akan memberikan informasi tentang penggunaan dan pemanfaatan c-panel sehingga lebih memudahkan konsumen menggunakannya.

4. VPS Hosting
VPS hosting adalah Virtual Private Server. Dimana server disewakan kepada pihak tertentu dengan brand yang mereka bawa sehingga pelanggan dapat membeli hosting kepadanya dengan demikian dapat meningkatkan pula pendapatan pada server utama.

5. Bikin Website Otomatis
Bikin Website adalah sebuah CMS yang dibuat untuk membantu mereka yang ingin membuat website tapi tidak memiliki kemampuan untuk membuat website dari nol atau tidak memiliki modal besar untuk menyewa programmer untuk membuatkan website mereka. Fitur website ini antara lain dapat membuat website toko online, website sekolah, website personal, website official, website portal berita sampai pada website pemasaran. Mereka yang menggunakan fasilitas ini nantinya akan membayar setiap bulan sesuai dengan paket yang diambil.

C. Analisis Pasar
Pasar internet untuk desain, hosting web dan domain di Indonesia masih memiliki potensi yang besar. Pengguna internet Indonesia yang masih di kisaran angka 30 persen pada tahun 2008 memiliki potensi besar untuk wirausaha di bidang desain, hosting web dan domain. Konsumen utama pengguna jasa domain dan hosting umumnya rata-rata usia 15 – 40 tahun untuk orang Indonesia dan 13 – 50 tahun untuk orang-orang luar negeri sesuai dengan tingkat kebutuhan penggunaan dimana mereka memerlukan layanan hosting dan domain untuk berbisnis, berorganisasi, maupun media komunikasi dan berbagi informasi.

Konsumen hosting dan domain khususnya paling banyak kalangan usia 16 – 30 tahun dengan tidak membedakan gender, tingkat ekonomi dan domisili. Memang secara umum pelanggan jasa ini adalah orang dengan tingkat ekonomi menengah hingga atas dengan di dukung tingkat pendidikan minimum sekolah lanjutan atau sekolah menengah ataupun dengan pengetahuan yang cukup di dunia maya.

Potensi usaha yang begitu menjanjikan dikarenakan pengguna jasa layanan internet di dunia terus meningkat membuat bisnis ini begitu prospektif. Apalagi bisnis di dunia maya tidak terbatas waktu dan tempat. Bisnis dapat dilakukan dimanapun dengan mendapat konsumen dari negara manapun tanpa batas. Target market ada dua macam yakni :

1. Target Offline
Target offline adalah konsumen yang belum memiliki website dan belum memiliki akun web atau blog di dunia maya contohnya UKM, SMA, SMP, SD, perusahaan, toko online, portal berita dan e-learning hingga perusahaan yang akan berkembang sehingga memerlukan layanan dibidang domain, hosting bahkan web design. Untuk takaran UKM, SMA, SMP, SD, perusahaan, toko online, portal berita dan e-learning biasaya menggunakan paket 2 GB dengan biaya sewa Rp. 500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah) Per Tahun.

2. Target Online
Target online adalah konsumen yang telah memiliki akun blog yang masih free (gratis) dimana akun tersebut disediakan oleh web-web yang ingin mendapatkan pengikut yang banyak sehingga dapat menaikkan nilai jual web yang bersangkutan contohnya wordpress.com, blogger.com, blogspot.com, blogsome.com, dll. Selain itu target online juga konsumen yang memiliki akun web dengan brand-brand lain yang membuka jasa domain dan hosting lainnya.

Persaingan di bisnis domain dan hosting memerlukan perjuangan untuk membesarkan “brand bisnis” dengan brand lain yang telah ada dan telah mapan. Namun keuntungan dari persaingan yang ada adalah persaingan tersebut terjadi secara sehat tanpa ada pengaruh dari pihak-pihak ketiga yang coba memanfaatkan persaingan bisnis.

Dengan pengguna internet 30 % dari 220 juta penduduk Indonesia maka peluang pasar yang dapat dimanfaatkan sangat banyak jika dapat merekrut hanya 0,001 % dari 30 % maka dapat dipastikan ada sekitar 660 pelanggan yang terdaftar dalam jasa ini. Perhitungan ini hanya untuk jumlah penduduk di Indonesia dan bagaimana jika brand bisnis ini telah terkenal dan dapat bersaing dengan brand-brand lain di dunia maka dipastikan konsumen akan terus meningkat sesuai tingkat popularitas brand bisnis yang dapat di nilai melalui jumlah pelanggannya.

Jika suatu brand bisnis telah terkenal tentunya dapat menarik banyak sponsor yang ingin tampil dalam web brand bisnis sehingga dapat menambah pemasukan.

Media promosi tentunya ada dua macam berdasarkan target marketnya yaitu :
1. Target Offline
Target offline dapat direkrut dengan cara sosialisali pamplet, pembuatan stiker brand bisnis, hingga mengirim surat-surat kepada instansi atau perusahaan yang hendak di rekrut. Untuk sekolah-sekolah dapat dilakukan dengan mengirim surat atau dengan mendatangi langsung sekolah tersebut dan mensosiaisaikan kepada pimpinan sekolah untuk bergabung.

2. Target Online
Target online dapat di rekrut dengan cara membuat website official yang SEO nya ditingkatkan sehingga mendapat rating yang tinggi di mesin pencari. Dengan cara itu maka setiap orang yang menggunakan mesin pencari web tersebut dengan mengetikkan hal yang berhubungan dengan brand bisnis maka akan direkomendasikan untuk mengunjungi ke alamat brand bisnis. Selain berdasarkan target marketnya tentunya media promosi dapat dilakukan sesuai dengan trend, budaya, hingga kebiasaan konsumen sehingga diharapkan cara-cara promosi yang efektif dan efisien.

Target rencana penjualan satu tahun diperkirakan dapat mencapai hingga 150 pelanggan untuk tahun pertama dan meningkat 50 % dari tahun pertama hingga 225 pelanggan sehingga total dapat mencapai 220 pelanggan tetap untuk tahun kedua baik berupa layanan pembuatan domain, hosting hingga desain web.

Strategi pemasaran yang dilakukan adalah melakukan promosi-promosi dengan memberikan harga yang murah daripada brand-brand lain yang serupa. Selain itu dapat diberikan berupa paket-paket ekonomis sehingga lebih cepat di pilih oleh pelanggan. Pemasangan iklan-iklan pada facebook atau friendster milik teman-teman dapat mempermudah sosialisasi brand bisnis agar lebih dikenal. Selain itu strategi pemasaran dapat dilakukan dengan cara promosi sesuai target marketnya. Selain itu target market yang kami harapkan adalah dengan memanfaatkan media social sebagai salah satu kekuatan marketing.

D. Analisis Produksi
Bahan baku, bahan penolong dan peralatan yang digunakan.
1. Perangkat Keras
a. Perangkat Server (PC Server)
b. Mikrotik RB 450 G
c. Switch HP 8 Port
d. Access Point TP-Link
e. Kabel UTP dan PIN RJ 45
f. UPS
2. Perangkat Lunak
a. Linux Debian
b. WHM
c. Cpanel
d. WHMCS
e. Website E-Commerce
f. Softaculous
g. CMS Website Otomatis (bikinwebsite.co.id)
3. Lain-lain
a. Koneksi internet dengan IP Statis dari Telkom
b. Domain Name

Perangkat lunak, perangkat keras maupun perangkat lain-lain tersebut kemudian dirancang sehingga terbangun sebuah server yang siap digunakan. Langkah awal adalah instalasi server dan instalasi jaringan kemudian melakukan konfigurasi agar server dapat diakses dari internet. Setelah poses tersebut, kemudian langkah berikutnya adalah mengkoneksikan antara server yang dimiliki dengan domain name yang telah dibeli. Kemudian menjadikan domain name sebagai name server baru.

Setelah itu, menghubungkan WHM dan CPANEL serta SOFTACULOUS pada server sehingga para client nantinya akan mudah dalam mengakses server hosting. Langkah selanjutnya adalah membuat website official untuk pemasaran dan WHMCS untuk website jual-beli serta kemudahan konfigurasi domain oleh pelanggan. Setelah semua selesai maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemasaran. Adapun analisis biaya untuk pengadaan server diluar biaya bulanan adalah sebagai berikut :

Perangkat Harga Keterangan
Server XEON Rp.   6.500.000
Mikrotik Rp.      800.000
Switch Rp.      500.000
AP TP-Link Rp.      400.000
Kabel UTP Rp.   1.000.000
PIN RJ 45 Rp.      300.000
UPS Rp.   2.500.000
Website Official Rp.   3.500.000
Domain Name Rp.      130.000
CMS Website Otomatis Rp. 15.000.000
Total Rp. 30.630.000

Selain biaya-biaya di atas, ada beberapa biaya software yang license dapat dibeli one time atau sewa bulanan. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

Perangkat Bulanan Tahunan One Time Keterangan
WHM / Cpanel Rp.    585.000 Rp. 5.525.000 Not Wajib
WHMCS Rp.    208.000 Not Rp3.250.000 Optional
Softaculous Rp.      32.500 Rp.312.000 Rp1.950.000 Wajib
Internet IP Statis Rp. 2.100.000 Not Not Wajib
Listrik Rp.    500.000 Not Not Wajib

E. Target Konsumen
Target konsumen untuk tahun pertama adalah sebagai berikut :
1. Sewa Domain dan Hosting.
Pelanggan Plan Paket Plan Harga Plan Sub Total Keterangan
UIM 1 Rp. 700.000 Rp. 700.000 Fixed Juli 2015
Spirit Sulawesi 1 Rp. 500.000 Rp. 500.000 Fixed Ags 2015
Website Sekolah 50 Rp. 300.000 Rp. 15.000.000 -
Website Perusahaan 10 Rp. 500.000 Rp. 5.000.000 -
Website Organisasi  5 Rp. 300.000 Rp. 1.500.000 -
Toko Online 15 Rp. 500.000 Rp. 7.500.000 -
Website Personal 50 Rp. 200.000 Rp. 10.000.000 -
Lain-lain 13 Rp. 300.000 Rp. 3.900.000 -
Total 182 Rp.44.100.000

2. VPS Hosting
Plan Pelanggan Plan Harga Plan Sub Total Keterangan
10 3.600.000 Rp. 36.000.000

3. Bikin Website Otomatis
Plan Pelanggan Plan Harga Plan Sub Total
120 Rp. 500.000 Rp. 60.000.000

F. Analisis Keuangan

1. Kebutuhan Investasi
Analisis kebutuhan investasi pengadaan hosting seperti yang dipaparkan sebelumnya adalah Rp. 30.630.000

2. Kebutuhan Bulanan
Kebutuhan bulanan untuk sewa license aplikasi, internet, listrik, honorarium adalah sebagai berikut :
Pembiayaan Harga
WHM / Cpanel Rp.    585.000
WHMCS Rp.    208.000
Softaculous Rp.      32.500
Internet IP Statis Rp. 2.100.000
Listrik Rp.    500.000
Karyawan Customer Service (3 Orang) Rp.  1.500.000
Karyawan Maintenance Server Rp.  800.000
Total Rp. 5.725.000

3. Analisis Penghasilan Tahun Pertama
Total Penghasilan adalah Rp. 140.100.000 dibagi satu tahun adalah Rp. 11.675.000
Total Pengeluaran Investasi Rp 30.630.000 dibagi satu tahun adalah Rp. 2.552.500
Total Pengeluaran Bulanan Rp. 5.725.000 + Rp. 2.552.500 = Rp. 8.277.500
Total Rata-Rata Profit setiap Bulan di tahun pertama adalah Rp. 11.675.000 – Rp. 8.277.500 = Rp. 3.397.500
Ruang lingkup keuangan untuk 3 tahun pertama terlampir.




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Proposal Business Plan Jasa Reseller Domain and Hosting (Web Hosting, Web Design, and Domain)"

Post a Comment