Saturday, October 31, 2015

Adakah 'Juru Kunci' Pada Pilkada Lutra dan Lutim?

Juru kunci. 


PALOPO, MD - Dukungan elit politik atau seorang figur pada pesta demokrasi, telah terbukti mampu membawa dampak yang sangat besar terhadap kemenangan pasangan calon yang didukungnya. Bahkan kemenangan itu mampu menumbangkan prediksi dan hasil survei.

Salah satu peristiwa penting dalam dukungan penuh elit politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) terjadi di Kota Makassar pada 2013 silam.
Dimana dukungan penuh mantan Wali Kota Makassar dua periode, Ilham Arief Sirajuddin (IAS), mampu membawa pasangan calon Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto-Samsurizal Syam (DIA), sebagai pemenang.
Paket DIA ini mampu menang satu putaran dari 10 pasangan calon yang bertarung. Pasangan DIA meraih suara sebanyak 182.484 atau 31,18 persen. Kemenangan dengan satu putaran ini adalah rekor baru, dengan pasangan yang lumayan sangat banyak.
IAS memang disebut-sebut sebagai juru kunci kemenangan paket DIA saat itu. Betapa tidak, IAS mampu menekuk dengan kemenangan telak dari para figur mumpuni, seperti mantan Wakil Wali Kota Makassar, pasangan IAS, Supomo Guntur. Juga adik Gubernur Sulsel, yakni Irman Yasin Limpo, dan politisi nasional dari PKS, Tamsil Linrung.
Lalu apakah dukungan elit politik juga akan berdampak besar terhadap kemenangan pasangan calon Bupati di Luwu Utara (Lutra) dan Luwu Timur (Lutim)?
Dalam dunia politik, diyakini pertarungan pada Pilkada bukan hanya pertarungan pasangan calon, tapi juga pertarungan elit politik yang mempunyai pengaruh di wilayah itu.
Salah satu elit politik yang punya pengaruh besar adalah para mantan bupati. Apalagi, saat menjabat, tidak ada cacat yang ditemukan dan muncul ke permukaan. Tentunya mereka punya basis massa dan gerbong pemilih yang riil.
Untuk di Kabupaten Lutra, Luthfi A Mutty, adalah salah seorang figur yang cukup berpengaruh. Ia adalah mantan Bupati Lutra dua periode.
Sementara untuk Lutim, Andi Hatta Marakarma, juga elit politik yang masih punya kharisma besar di Lutim. Sebab selama menjabat Bupati Lutim dua periode ini, figurnya masih didengar oleh masyarakat.
Bedanya, Luthfi sudah satu periode menjadi bupati telah lewat. Sementara Andi Hatta, periode kepemimpinannya baru saja berakhir. Kedudukan Andi Hatta sangat mirip dengan IAS di Makassar.
Pengamat politik dari Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo, Kasmad Kamal, belum lama ini, menuturkan, jika dukungan elit politik tersebut diyakininya akan membawa dampak besar. Asalkan, para elit itu betul-betul all out, seperti yang dilakukan IAS pada Pilwakot Makassar lalu.
"Harus dipahami, bahwa dalam dunia politik, pertarungan dalam Pilkada bukan hanya pertarungan pasangan calon peserta Pilkada, tapi juga pertarungan antar elit politik dan elit ekonomi," tandasnya.
Figur Andi Hatta di Lutim dan Luthfi di Lutra, kata dia, adalah contoh elit politik yang dimaksud. Menurutnya, hal itu jelas pengaruhnya sangat besar. Sebab mereka akan membawa gerbong pemilihnya pada calon yang didukungnya.
Apalagi kapasitas yang dimiliki Andi Hatta dan Luthfi tidak kalah dengan figur Ilham Arif Sirajuddin di Makassar, yang berhasil memenangkan Pilwalkot Makassar beberapa tahun lalu.
"Namun yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah, apakah kedua figur ini, Andi Hatta dan Luthfi all out bekerja memenangkan calon yang didukungnya, seperti yang dilakukan figur Ilham pada Pilwalkot Makassar," tutupnya.
LUTRA, PERTARUNGAN INCUMBENT
Pilkada Lutra diprediksi akan berlangsung sengit. Pasalnya, hanya dua pasangan calon, yakni pasangan Arifin Junaidi-Abdullah Rahim (JUARA) dan Indah Putri Indriani-Thahar Rum (PINTAR).
Arjuna, sapaan akrab Arifin Junaidi, adalah calon petahana. Sementara calon wakilnya, Abdullah Rahim adalah politisi PKS yang memiliki massa militan.
Sementara Indah Putri adalah mantan wakil bupati berpasangan dengan Arjuna. Ini tentunya punya gerbong massa tersendiri. Sedangkan wakilnya, Moh Thahar Rum, adalah wakil ketua DPRD Lutra. Pasangan ini adalah masing-masing politisi Partai Gerindra.
Meski Arjuna adalah calon petahana, namun Indah memiliki dukungan penuh dari mantan bupati Lutra dua periode sebelumnya, Luthfi A Mutty. Anggota DPR RI dari Partai Nasdem ini membawa gerbong pemilihnya dan gerbong Partai Nasdem.
Pada beberapa kesempatan Luthfi menyebutkan, dirinya akan all out memenangkan pasangan yang didukungnya. Dirinya menegaskan, rekomendasi usungan Nasdem diberikan kepada paket PINTAR, karena hasil surveinya yang tinggi. Sehingga dirinya yakin kemenangan akan ada di pihaknya.
"Saya akan all out. Ini adalah komitmen kami dan Nasdem untuk menang, khususnya di Lutra dan Lutim," ujarnya.
Sementara itu, Indah Putri, mengaku, dukungan Luthfi tersebut sangat berarti dan besar pengaruhnya. Namun demikian, ia mengaku, pihaknya tidak akan terbuai. Pihaknya tetap kerja keras untuk kemenangan di Pilkada Lutra ini.
Indah juga menegaskan, dirinya maju sebagai calon bupati, semata-mata ingin berbuat lebih banyak lagi di Lutra. Menurutnya, tidak ada sama sekali niat untuk 'balas dendam' terhadap bupati.
"Orang bilang, kewenangan wakil itu hanya sampai di leher. Tapi kami tidak. Tidak ada niat kami balas dendam. Saya benar-benar hanya ingin berbuat lebih banyak lagi untuk Lutra," tandasnya.
Calon Bupati Lutra, Arifin Junaidi, dalam beberapa kesempatan, menegaskan, pihaknya sangat menghargai sikap seseorang. Untuk itu, dirinya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan terhadap dirinya.
ANDI HATTA DI LUTIM
Pasangan Nur Husain-Esra Lamban (NH-EL) di Pilkada Lutim mendapat anugerah tersendiri. Pasalnya, Andi Hatta Marakarma, lebih memilih NH-EL dibanding wakilnya dulu, yang juga kini mencalonkan sebagai bupati, Thorig Husler.
Andi Hatta Marakarma secara tegas menyatakan diri, siap all out memenangkan NH-El untuk melanjutkan estafet kepemimpinannya.
Bupati Luwu Timur dua periode telah menyatakan kesiapan dirinya untuk memenangkan pasangan Nur Husain dan Esra Lamban di pilkada yang akan dihelat pada 9 Desember 2015, mendatang.
Dukungan tersebut terlihat di saat bupati dua periode ini juga terlihat hadir pada saat pendaftaran paket Nur Husain dan Esra Lamban di Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan pada sejumlah pertemuan para tokoh masyarakat.
Bukan hanya Andi Hatta, tapi gerbong Partai Golkar yang tidak mengusung pasangan calon, juga mengikut mendukung NH-EL. Andi Hatta Marakarma, yang juga ketua Partai Golkar Luwu Timur, telah menginstruksikan agar kader, pengurus, dan simpatisan, untuk memilih dan all out memenangkan pasangan NH-EL.
Calon Bupati Luwu Timur periode 2015-2020, Nur Husain, mengaku tidak menyangka kalau Andi Hatta Marakarma telah menyatakan dukungan ke dirinya. Dengan adanya dukungan tersebut, kata Nur, merupakan kehormatan besar terhadap dirinya secara pribadi, keluarga, kerabat, sahabat dan tim pemenangan Nur Husain dan Esra Lamban.
Nur Husain juga mengaku akan melanjutkan pembangunan yang saat ini sudah dibangun selama 12 tahun pada masa kepemimpinan Andi Hatta Marakarma.
"Kerja keras Andi Hatta dalam membangun daerah ini selama 12 tahun sangat nyata dan dirasakan oleh masyarakat mulai dari pelosok desa, sehingga pemimpin baru kedepan, perlu menghargai dan meneruskan pembangunan yang sudah ada," ungkap Nur Husain.
Namun demikian, Pasangan Calon Bupati Thorig Husler, tidak dapat dipandang sebelah mata. Sebab ia juga mendapat dukungan penuh dari Anggota DPR RI Luthfi A Mutty dan sejumlah tokoh dan elit politik lainnya. Lagi pula, elektabilitas Husler juga masih cukup besar.
Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Konsultan Politik, Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir, menilai gerakan politik yang dilakukan Andi Hatta Marakarma mampu merubah konstalasi politik yang ada di Kabupaten Luwu Timur (Lutim). Sebab menurutnya, setiap dirinya mendukung salah satu pasangan calon, dirinya sudah yakin akan menang dalam pertarungan itu.
Sejak terbentuknya Kabupaten Lutim, kata Suwandi, Andi Hatta selalu sukses dalam mendukung calon, baik Pilgub, maupun Pileg dan tentunya di level Pemilukada ini, bantuan Andi Hatta merupakan kekuatan besar untuk pasangan Nur Husain dan Esra Lamban.
Menurutnya, Thorig Husler yang selama ini selalu unggul dalam survei perlu menata secara baik gerakan politiknya, sebab dukungan Andi Hatta ke Nur Husain akan menyita energi Thorig untuk mempertahankan keunggulannya dari Nur Husain.
“Dukungan Bupati membuat arah pergerakan suara ditingkat SKPD dan jajaran PNS akan lebih besar ke Nur Husain dan tentu jaringan tim dan relawan Bupati juga akan beralih bergerak untuk Nur Husain,” tandasnya.
Dikatakannya, pada Pilkada Luwu Timur hingga Agustus 2015, elektabilitas Thorig Husler masih mengungguli Nur Husain cukup jauh, tapi itu bisa berubah dengan Bupati mendukung Nur Husain.
Walau begitu, tergantung kerja – kerja politik Nur Husain dan Thorig Husler dalam meyakinkan masyarakat Lutim, sebab dukungan tokoh harus disertai kerja politik yang rill untuk dapat memenangkan pertarungan. (tim)

Media Duta edisi September 2015

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Adakah 'Juru Kunci' Pada Pilkada Lutra dan Lutim?"

Post a Comment