Tuesday, October 27, 2015

Menyembelih Sifat Rakus

Ilustrasi-

Salah satu penyebab utama seseorang melakukan korupsi adalah karena kerakusan. Ia rakus terhadap harta dan jabatan. Tidak puas dengan apa yang dimiliki.

Kerakusan dan ketamakan membawa banyak kaum dan orang menjadi binasa. Untuk itu, pada momen hari raya idul adha atau idul qurban, disunatkan menyembelih hewan qurban.

Guru besar UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhanis memaknai, penyembelihan hewan qurban itu sebagai simbol penyembelihan sifat kebinatangan pada diri manusia. Salah satu sifat utama binatang adalah rakus.

Jika tidak mampu menyembelih hewan qurban, maka yang utama adalah menyembelih sifat kebinatangan itu, terutama sifat kerakusan diri kita.
Pada momen ini, hampir semua pejabat berusaha menyembelih hewan qurban. Namun yang menjadi pertanyaan, apa mereka berqurban semata-mata karena Allah SWT, atau hanya untuk maksud lain. Terlepas dari situ, langkah untuk berqurban patut diapresiasi dibanding orang yang mampu tapi enggan mengorbankan sedikit hartanya.

Melalui edisi ini, redaksi tabloid Media Duta Express ingin menyampaikan harapan kami, terkait momen idul qurban ini, semoga mampu membawa perubahan besar bagi kita dan daerah. Hal itu bisa terjadi jika semua pemangku kepentingan mampu memaknai penyembelihan hewan qurban itu. Sehingga mereka berusaha menyembelih sifat rakus dan tamak, yang menjadi biang pungutan liar, penyunatan anggaran, mencari fee proyek, dan mental rakus lainnya.

Semoga kita semua mampu memperbaiki diri. Bukan hanya pada momen-momen tertentu, tapi setiap saat berusaha melakukan yang terbaik. Edisi ini kami berharap, agar apa yang kami sajikan mampu menginspirasi kita untuk lebih baik lagi.

Kekeliruan yang kita lakukan, akan sangat elok kiranya bisa saling mengingatkan dengan cara yang lebih santun. Bukan malah mengingatkan dan mengoreksi dengan cara yang kurang baik. Jika ada kekeliruan, kami mohon maaf. Kami juga terimakasih yang sebesar-besarnya bagi mitra yang selalu menjaga kemitraan itu dengan baik. Semoga ini menjadi jalan kebaikan bagi kita. Selamat idul adha 1436 H/2015 M. Selamat membaca. (****)

Tajuk/Salam Redaksi Tabloid Media Duta edisi September 2015
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Menyembelih Sifat Rakus"

Post a Comment