Wednesday, July 08, 2009

Napak Tilas Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar lahir di Bulukumba pada 1971. Semula hanya bernama Fakultas Dakwah. Dekan pertamnya adalah Dra. Syamsiah Nur. Sebelum indah ke Makassar, Fakultas ini hanya punya satu jurusan, Bimbingan Penyuluhan Masyarakat (BPM). Setelah hijrah ke Makassar, di bawah kepemimpinan Drs. Andi Ansar (1981), barulah memiliki dua jurusan. Jurusan BPM sewaktu di Bulukumba diubah menjadi BPAI (Bimbingan Penyuluhan Agama Islam) dan lahir lagi jurusan baru, Penerangan dan Penyiaran Agama Islam (PPAI).

Pada tahun kedua di Makassar, fakultas ini hanya memiliki beberapa dosen tetap. Yakni Dra. St. Salma selaku ketua jurusan BPAI dan Drs. Iftitah Jafar, MA. Selaku ketua jurusan PPAI. Selain mereka adalah dosen luar (bukan tetap).

Pada masa Drs. Amir Said selaku Dekan, lahir beberapa jurusan baru dan jurusan lama berganti nama. PPAI berubah nama menjadi KPI (Komunikas Penyiaran Islam). BPAI diubah menjadi BPI (Bimbingan Penyuluhan Islam). Saat itu juga lahir jurusan Pemberdayaan Masyarakat Islam (PMI) dan Manajemen Dakwah (MD). Pada masa inilah nama Fakultas bertambah nama. Dari nama Fakultas Dakwah ditambah kata Komunikasi. Sehingga sekarang bernama Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Jurusan-jurusan ini adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. KPI bergerak pada bidang tabligh, retorika dan keterampilan menyampaikan pesan. Baik melalui media massa ataupun podium. BPI bergerak door to door, atau dakwah partisipatoris dan sebagai konsultan kejiwaan. MD sebagai sutradara pembuat peta dakwah yang dilakukan KPI dan BPI. Sedangkan PMI bertugas sebagai pemberdaya masyarakat atau dakwah dari segi bagaimana mengimplementasikan dakwah yang dilakukan KPI dan BPI. PMI pada tahap action, bukan Cuma ngomong.

Pengembangan keterampilan pada masa ini menjadi prioritas utama. Masa kepemimpinan Drs. Amir Said (1981-1983) FDK mencapai kejayaanya. Hal ini ditandai dengan bertambahnya mahasiswa dari segi kuantitas. Jumlah mahasiswa saat itu sebanding dengan Fakultas Syariah dan Hukum. Pada saat itu pula lahir Laboratorium Dakwah (Labda) yang diketuai Usman Jasad, S.Ag., M.Ag. menurut Dra. Hj. Muliati Amin, M.Ag. saat itu berbagai kegiatan digelar. Keliling daerah melakukan kegiatan. Semisal, Teater Nada dan Dakwah yang dipelopori Ibu Muliati Amin dan Dra. Hj. Andi Ati Uleng. Selain teater, juga diadakan studi banding mahasiswa ke Jogja dan Pesantren Hidayatullah, Kalimantan Timur. Kegiatan itu tidak lepas dari proses sosialisasi Fakultas untuk menarik simpati orang banyak.

Pembekalan keterampilan pada masa ini mampu mencetak alumni ayng serba bisa. Lepasan FDK ini bukan hanya mampu dari bidang tabligh semata, tapi mampu terpakai pada semua instansi serta berguna pada masyarakat.

Pada masa kepemimpinan Prof. Dr. H. Rahman Getteng, M.A. (1997-2001) sempat bertahan secara kuantitas. Namun pada periode 2001-2004 di bawah kepemimpinan Drs. Sampo Seha, M.Th.I. jumlah mahasiswa turun secara kunatitas. Hal itu disebabkan setelah presiden RI, Abdurrahman Wahid (Gusdur) menghapus Departemen Penerangan RI.

Kemudian pada masa kepemimpinan Prof. Dr. H. M. Sattu Alang, M.A. (2004-2008) lahir prodi baru, Program Studi Jurnalistik dan PMI konsentrasi Kesejahteraan Sosial (Kessos). Kemudian pada saat sekarang lahir lagi Prodi Ilmu Komunikasi dan BPI D3 di bawah kepemimpinan Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag. (2008-2012). Sampai saat ini, ribuan alumni telah dicetak FDK dan menyebar ke berbagai instansi. Mulai dari muballigh, militer sampai pada anggota DPR. Termasuk Ali Muchta Ngabaling adalah salah seorang alumni FDK UIN Alauddin Makassar. (Disari dari berbagai sumber).
-------------------------------------------

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar dari Masa ke Masa

1. Dra. Syamsiah Nur (1971-1981)

2. Drs. Andi Ansar (1981-1993)

3. Drs. H. M. Amir Said (1993-1997)

4. Prof. Dr. H. Rahamn Getteng, M.A. (1997-2001)

5. Drs. H. Sampo Seha, M.Th.I. (2001-2004)

6. Prof. Dr. H. Sattu Alang, M.A. (2004-2008)

7. Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag. (2008-2012).


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

3 komentar: on "Napak Tilas Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar"

Alim Naba'ulazhim said...

Sayangnya tidak ada dokumen lengkap para alumni fakultas dakwah dari awal hingga sekarang. Kalau udah bgt, bagaimana caranya bersilaturrahim dengan teman-teman lama yang sempat menghilang karena gak punya alamat mereka ????????????

Alim Naba'ulazhim said...

Tolong buatkan data alumni pertama pe akhir ya...
biar kita bisa silaturrahim sama teman-teman lama

Rauf said...

afwan, kalau pak alim alum ke berapa???

Post a Comment