Sunday, March 10, 2013

Perbasi Kota Palopo: Andalkan Pemain Lokal

* Persatuan Basketball Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Palopo
Andalkan Pemain Lokal

Dalam pertandingan, terkadang club olahraga banyak memanfaatkan pemain asing atau pemain luar yang diambil khusus untuk membela clubnya. Namun, bagi Persatuan Basketball Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Palopo tidak ingin seperti itu. Kenapa demikian?

LAPORAN: Abd Rauf

Komunitas bola basket Palopo, memang dilatih secara rutin untuk menghadapi event bola basket. Sehingga, ketika ada kegiatan itu, maka pemain-pemain yang tergabung ke dalam club bola basket sudah siap bertarung, dengan segala persiapan yang telah ada.

Komunitas bola basket ini juga terus menjaga persaudaraan antar sesama pemain. Sehingga kekompakan antar mereka terjalin bukan hanya di lapangan, tapi juga pada saat di luar lapangan. Dengan demikian, kekompakan itu juga yang membawa mereka mampu memenangkan pertarungan di lapangan.

Ketua Harian Perbasi Kota Palopo, Sunario Yulius mengatakan, dalam even bola basket, Perbasi Kota Palopo tidak pernah mengambil pemain dari luar. Namun demikian, Perbasi dalam setiap event basketball, selalu tampil gemilang tanpa bantuan dari pemain asing.

"Kita lebih andalkan pemain kita sendiri. Kalau club lain selalu mengambil pemain dari Makassar atau daerah lain pada saat ada pertandingan, maka kita di sini tidak demikian. Kita percaya kemampuan anak-anak Palopo," katanya, saat ditemui di Lapangan Basket Lagaligo Kota Palopo, Jumat 8 Maret 2013, kemarin.

Namun demikian, kata dia, pada turnamen bola basket baru-baru ini, Palopo berhasil juara tanpa pemain dari daerah lain yang memperkuat tim. "Turnamen basketball baru-baru ini kita juara tanpa pemain dari luar. Sebab kami memang lebih percaya kepada pemain binaan sendiri," ujarnya. (*)

Prestasi

Selama terbentuknya Perbasi di Kota Palopo, sudah ada beberapa pemain yang berhasil masuk menjadi pemain Pekan Olahraga Nasional (PON). Mereka telah banyak mencetak atlet basket yang bisa dibilang berperstasi.

Hasil dari kegigihan atlet baket Palopo yang berlatih dengan keras, Palopo mampu mewakili Sulsel ke ajang nasional bola basket. Sebelum tahun 2000, ada dua atlet putra dan satu putri yang bertarung di PON. Kemudian pada 2002, satu atlet putri juga berhasil masuk PON.

Ketua Harian Perbasi Kota Palopo, Sunario Yulius mengatakan, selain prestasi di ajang nasional, juga sudah ada beberapa pemain yang tersebar di Indonesia, dan tergabung ke club basket yang cukup profesional.

"Kebanyakan yang tergabung ke dalam komunitas basket ini adalah masih berstatus pelajar. Sehingga kalau sudah tamat SMA, mereka lanjut kuliah di Makassar, dan mereka kebanyakan bergabung pada club basket di Makassar," katanya, didampingi Wasit Perbasi Kota Palopo, Rahman.

Dikatakannya, pihaknya berharap, pemerintah bisa lebih memperhatikan bola basket di kota yang berjuluk idaman ini. Sehingga, ke depannya bisa lebih berkembang lagi. Sebab peminat olahraga basket ini semakin banyak. "Perkembangan bola basket di Palopo ini saya lihat sangat bagus. Hanya perlu perhatian khusus dari pemerintah," ujarnya. (*)
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Perbasi Kota Palopo: Andalkan Pemain Lokal"

Post a Comment