Saturday, July 05, 2014

Air dan Cinta


Air dan Cinta. Air, sifat dasarnya adalah mengalir dan mencari tempat terendah. Jika air itu tidak punya sumber mata air yang jelas, atau air itu hanya berasal dari botol yang ditumpahkan, maka ia akan habis dan kering dalam perjalanannya.

Namun jika air itu berasal dari mata air, maka perjalanannya akan lama dan kemungkinan akan terus mengalir sampai membentuk lautan sekalipun, dan akan menciptakan lebih banyak mata air. Sehingga nyaris tidak akan kering sampai semuanya dikeringkan atas keinginan Tuhan dengan berbagai sebab. Bisa seperti menimpakan kemarau panjang sehingga semua kering oleh teriknya mentari.

Begitupun dengan cinta. Jika kita analogikan seperti air, maka cinta yang datangnya dari nafsu, maka waktunya hanya sebentar, hingga dalam perjalanannya akan kering dengan sendirinya oleh panasnya nafsu.

Namun jika cinta itu berangkat dari hati yang tulus tanpa ada keinginan macam-macam, atau sumbernya dari mata air kehidupan, maka cinta itu akan sulit kering dan nyaris tidak akan bisa kering sampai ajal memisahkan. Sebab cinta itu akan mengalir terus menerus sampai membentuk cinta dalam wujud lain.

Maka dari itu, jika merasa mencintai, kenalilah dari mana asal cinta itu. Jika cinta timbul dari ketertarikan fisik, maka boleh jadi itu hanya air yang tumpah dan kemungkinan akan kering saat fisik sang yang dicinta mulai pudar.

Namun jika cintanya bersumber dari hal yang sulit dimengerti, maka bisa jadi itu cinta dari mata air yang akan terus mengalir sampai waktu yang panjang, sampai Tuhan mencabutnya dengan berbagai sebab. Bisa mengeringkannya dengan tidak adanya perhatian, atau cinta itu mengalir ke tempat lain. Namun satu hal yang pasti, air tempat mengalir pertama tidak akan terlupakan begitu saja.

Cinta itu juga tidak selamanya harus memiliki. Cinta itu tidak stagnan. Selalu keluar masuk. Saat diminum, maka akan keluar dalam wajah lain. (*)

For someone...

Balandai, Jumat, 4 Juli 2014, 6 Ramadan 1435 H
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Air dan Cinta"

Post a Comment