Sunday, July 06, 2014

Toko Raja Oleh-oleh Palopo; Panen Saat Musim Mudik

Toko Raja Oleh-oleh Palopo

Oleh-oleh sepertinya menjadi menu wajib bagi setiap orang yang akan mudik. Hal inilah membuat toko yang menyediakan oleh-oleh khas Palopo panen pembeli saat musim mudik tiba. Seperti Toko Raja Oleh-oleh yang ada di Jalan Rambutan Kota Palopo.

Laporan: Resky Nur Amaliah Muchlis

Toko oleh-oleh yang terletak tepat di depan perwakilan PO Bintang Prima dan beberapa kantor perwakilan bus angkutan kota dalam provinsi ini menyiapkan beragam oleh-oleh khas Palopo. Mulai dari bagea, souvenir, sampai baju yang berciri khas Palopo dan Tana Luwu.
"Keuntungan penjualan dari oleh-oleh khas ini akan sangat terasa saat musim mudik tiba. Banyak orang yang mau pulang kampung, pasti membawa oleh-oleh untuk keluarganya. Salah satu yang paling banyak laku adalah kue khas Palopo yang terbuat dari sagu, yakni bagea," ujar owner Raja Oleh-oleh Palopo, Jumat 4 Juli 2014.
Untuk awal bulan suci Ramadan ini, omset penjualan toko oleh-oleh ini cenderung berkurang dibandingkan dua pekan lalu, saat menjelang Ramadan tiba. Hal itu dikarenakan masyarakat jarang bepergian, sebab saat ini dalam suasana bulan Ramadan.
"Diperkirakan nanti akan kembali ramai saat hendak lebaran tiba," tandasnya.
Ia mengungkapkan, omset yang didapatkan pada hari pertama Ramadan cenderung berkurang dari dua pekan menjelang Ramadan.
"Berbeda saat awal dua pekan menjelang Ramadan, masyarakat berbondong-bondong bepergian, sehingga mereka membeli kenang-kenangan atau oleh-oleh khas Palopo," ujarnya.
Ditambahkannya, barang-barang banyak diminati masyarakat pada dua pekan menjelang Ramadan, ialah oleh-oleh khas Palopo, berupa bagea', roti, dan baju kaos khas Palopo, utamanya yang bertuliskan Palopo Kota Idaman.
Pada awal berdirinya Toko Raja Oleh-oleh ini sekitar dua tahun lalu, sampai waktu menjelang bulan Ramadan lalu, sangat banyak diminati masyarakat yang ingin mudik, disebabkan terdapat beberapa makanan dan baju yang sulit mereka dapatkan di daerah lain.
Keberhasilannya membangun Toko Raja Oleh-oleh ini juga ditunjang dengan pelatihan kewirausahaan yang telah diikutinya di Bandung sekitar tiga pekan lalu. Sehingga pelatihan itu membuat keterampilan dan kemampuan pemilik toko menjadi lebih berkembang dari sebelumnya.
"Saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada bapak Wali Kota Palopo dan Kadis Koperindag atas kepercayaannya memberikan pelatihan demi pengembangan usaha yang dimiliknya," ujarnya. (*)
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Toko Raja Oleh-oleh Palopo; Panen Saat Musim Mudik"

Post a Comment